BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini
bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan
sebagainya. Selain menulis dokumen, MS Word juga dapat digunakan untuk bekerja
dengan tabel, menulis teks dengan kreasi, menyisipkan gambar, maupun yang
lainnya.
Secara default tampilan area kerja program MS Word 2007 atau 2010 terdiri
atas Title Bar, Office Button, Quick Access Toolbar, Menu Bar, Ribbon, Ruler,
Status Bar, dan View.
Dengan adanya Microsoft
word ini, orang-orang yang bekerja baik di suatu perusahaan maupun di instansi
pemerintahan akan mudah dalam pekerjaannya.
Dalam penulisan dokumen,
word mempunyai pilihan jenis dan ukuran font yang sangat banyak. word juga
dilengkapi fasilitas pemformatan dokumen, berbagai macam latar belakang
dokumen, clip art, gambar dan table. Word juga dapat digunakan mengorganisasi
data dan membuat grafik. Selain itu, word juga digunakan secara bersama-sama
dengan Microsoft office yang lain.
Word dilengkapi dengan
fasilitas yang memungkinkan penggunanya menulis e-mail dan mengirimkannya
secara langsung melalui jendela word. Word juga dilengkapi fasilitas untuk
membuat halam-halaman web.
1.2 Rumusan
Masalah
1.2.1 Apa pengertian menu dan ikon.?
1.2.2 Apa fungsi menu dan ikon.?
1.2.3 Bagaimana mengatur format tampilan
halaman.?
1.2.4 Apa pengertian mail merge.?
1.3 Tujuan
Penulisan
1.3.1 Untuk menjelaskan pengertian menu dan
ikon;
1.3.2 Untuk mengetahui fungsi menu dan
ikon;
1.3.3 Untuk mengetahui mengatur format
tampilan halaman;
1.3.4 Untuk mengetahui mail merge;
1.4
Sistematika Penulisan
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1 latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan Penulisan
1.4 sistematika Penulisan
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian menu dan ikon
2.2 Fungsi menu dan ikon
2.3 Mengatur format tampilan halam
2.4 Mail merge
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan
3.2 Saran
DAFTAR PUSTAKA
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Menu dan Ikon
Ketika pertama kali mengaktifkan program Microsoft Office Word, maka akan nampak area kerja terbagi menjadi beberapa bagian menu yaitu: Menu Bar, Title Bar, Toolbar, Kontrol Menu, Status Bar dan sebagainya.
Menu adalah sederetan perintah atau program
yang terdapat dalam microsof office word atau excel. Menu bar adalah sebuah strip horizontal yang berisi daftar menu
yang tersedia untuk program tertentu untuk
membantu memudahkan dalam bekerja dan terorganisir sesuai dengan apa yang diharapkan.Contohnya Menu File, Home,
Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, View dan Add-Ins.
Ikon
adalah gambar-gambar kecil yang tersusun dibawah menu bar yang diikuti dengan
identitasnya. Tujuan ikon ini adalah untuk memudahkan dalam pekerjaan terutama
pengetikan. Banyak sekali ikon-ikon yang terdapat dalam Microsoft office word
dengan tampilan yang menarik.
2.2 Fungsi Menu dan Ikon
Adapun
fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam Microsoft office word diantaranya sebagai
berikut :
a. Memformat Teks
a) Mengganti jenis, bentuk, dan ukuran huruf teks.
Jenis, bentuk dan ukuran huruf bisa diubah
sesuai dengan keinginan. Caranya dari menu format → klik font atau bisa juga
dari toolbar formatting dengan menyorot (blok) terlebih dahulu teks yang akan
diformat.
b) Memberi pewarnaan teks.
Secara default warna teks adalah hitam,
tetapi bisa diubah dari menu format → font → font color serta memilih warna
yang tersedia.
c) Pemberian efek pada teks.
Untuk memberikan effek pada teks dapat
dilakukan dari menu format → font → effects.
b. Drop Cap
Drop Cap adalah penulisan hurup depannya
besar yang membedakannya dengan yang lain. adapun cara membuat drop cap adalah
sebagai berikut :
§
Blok huruf yang akan dibuat drop cap.
§
Pilih menu format → drop cap.
§
Pada bagian position, pilih dropped.
§
Pada bagian options terdapat lines to drop
da nisi nilainya sesuai dengan jumlah baris yang akan dilewati drop cap.
§
Klik OK
c. Mengedit / Menyunting Teks
Didalam mengedit atau menyunting teks
terdapat beberapa format diantaranya sebagai berikut :
a) Menghapus.
Terdapat tiga cara yang umum digunakan
untuk menghapus penulisan kata atau karakter diantaranya :
§
Cara pertama, blok kata/teks yang ingin
dihapus lalu pilih edit → clear → content.
§
Cara kedua, untuk menghapus karakter
disebelah kanan kursor mouse dapat menggunkan tombol Del pada keyboard.
§
Cara ketiga, untuk menghapus karakter
disebelah kiri kursor tekan tombol Backspace ( ← ) yang ada disebelah atas
keyboard.
b) Menyalin atau mengcoppy teks.
Untuk menyalin teks dapat dilakukan dengan
cara memblok teks yang inging dicoppy lalu tekan paste atau bisa dengan cara
CTRL + C lalu CTRL +V.
c) Memindahkan teks.
Selain menghapus dan menyalin teks, kita
dapat memindahkan teks kelokasi lain yang kita inginkan dengan cara :
§
Memblok teks yang ingin dipindahkan lalu coppy
dan paste ditempat yang berbeda.
§
Drag and drop.
d) Mencari dan mengganti kata pada teks atau dokumen yang aktif.
Kita dapat mencari sekaligus mengganti kata
yang tidak kita inginkan dalam teks atau dokumen yang sedang aktif dengan cara
mengklik tombol replace → find what → replace with → replace all lalu klik find
next.
d. Bullet and Numbering
Bullet adalah suatu symbol yang digunakan untuk
memberi ciri (merk) suatu kalimat atau memisahkan suatu point kalimat dengan
point yang lainnya atau merupakan penomoran tanpa mengunakan angka melainkan
dengan atau symbol-simbol seperti ( • ۞ ▪ ☻).
Numbering memiliki kesamaan dengan bullet,
hanya yang disisipkan berupa bentuk angka atau huruf dengan segala formatnya.
Misalnya 1, 2,3 dst. a, b, c dst. 1.1, 1.2, 1.3 dst.
e. Memberi Bingkai (Border) pada Paragraf
Agar dokumen kita lebih indah, maka harus
ditambah dengan bingkai atau hiasan dokumen. Adapun caranya sebagai berikut :
§
Blok teks pada paragraph yang ingin diberi
bingkai.
§
Pilih menu format → klik border and
shading.
§
Pada bagian setting, pilih jenis bingkai
yang kita inginkan.
§
Pada bagian style, pilih jenis garis yang
sesuai.
§
klik OK.
f. Menyisipkan Gambar Auto Shape
Auto shape merupakan bentuk-bentuk gambar
geometris, seperti garis lingkaran, persegi, bintang, dengan format yang sudah
tersedia. Cara menggunakannya sebagai berikut :
§
Pilih menu insert → auto shape/shapes.
§
Pilih bentuk gambar yang yang diinginkan
§
Drag and drop mouse untuk mulai menggambar.
2.3 Mengatur Format Tampilan Halaman
Saat mengetik dokumen menggunakan Microsoft Word kadang perlu untuk
berpindah antar bentuk tampilan halaman untuk mempermudah pembuatan dokumen.
Untuk mengatur atau mengganti tampilan lembar kerja atau tampilan
halaman dokumen di Microsoft Word 2007 atau 2010 kita dapat menggunakan langkah berikut :
a. Menu View
1. Klik menu ribbon View.
2. Selanjutnya pilih salah satu dari grup Document Views dan klik :
Ø
Print Layout : untuk menampilkan halaman atau lembar kerja sesuai dengan tampilan hasil
pencetakan / print.
Ø
Full Screen Reading : untuk menampilkan dokumen dalam tampilan full screen alias selayar penuh
guna memanfaatkan ruang atau luas layar secara maksimal dan sekaligus
mempermudah memberikan komentar
Ø
Web Layout : untuk menampilkan dokumen sebagaimana yang akan ditampilkan dalam bentuk
halaman web / situs.
Ø
Outline view : untuk menampilkan dokumen dalam bentuk outline dan sekaligus menampilkan
tool untuk pembuatan outline
Ø
Draft view: untuk menampilkan dokumen dalambentuk draft untuk memanfaatkan penulisan
teks secara cepat. Pada tampilan ini ada beberapa bagian dokumen seperti header
dan footer yang tidak akan ditampilkan.
b. Page Setup
Perintah Page Setup
adalah salah satu perintah yang paling penting dalam Microsoft Word. Dalam menu
page setup anda dapat mengatur Margins seluruh dokumen misalnya, Ukuran Kertas,
Jarak/ukuran header dan footer, Paper Source serta Layout (tata letak
kertas/halaman).
Pilih menu File (Alt + F) > Page Setup (Alt + U) atau klik 2 x ruler sebelah kiri akan muncul kotak dialog Page Setup diantaranya sebagi berikut :
Pilih menu File (Alt + F) > Page Setup (Alt + U) atau klik 2 x ruler sebelah kiri akan muncul kotak dialog Page Setup diantaranya sebagi berikut :
a) Margins
·
TOP : Untuk mengatur
jarak/batas antara bagian atas teks pada dokumen dengan tepi kertas
bagian atas
·
Bottom : Untuk
mengatur jarak/batas antara bagian bawah teks pada dokumen dengan tepi kertas
bagian bawah
·
Left : Untuk
mengatur jarak/batas antara bagian kiri teks pada dokumen dengan tepi kertas
bagian kiri
·
Right : Untuk
mengatur jarak/batas antara bagian kanan teks pada dokumen dengan tepi kertas
bagian kanan
·
Gutter : Untuk
memberi jarak tertentu pada tepi kiri atau atas kertas dengan tujuan memberi
ruang kosong untuk penjilidan
·
Gutter Position :
Untuk menentukan pada posisi mana gutter ini diterapkan (kiri atau atas)
b) Orientation
·
Portrait : Untuk
mentukan posisi kertas dengan arah tegak (vertical)
·
Landscape : Untuk
mentukan posisi kertas dengan arah melebar (horizontal)
c) Pages
·
Multiple Pages
·
Normal
·
Mirror Margins : Untuk
mengatur halaman secara bolak – balik sehingga bisa dicetak bolak – balik,
biasanya digunakan untuk membuat buku
·
2 page per sheet : Untuk
mengatur dokumen agar bisa dicetak 2 halaman dalam satu kertas
·
Book fold :
d) Preview
Ø Apply to
Ø Whole Document : Agar semua perubahan margin berlaku, untuk seluruh
halaman pada dokumen
Ø This Point Forward / Selected text : Agar perubahan margin berlaku mulai
posisi kursor hingga akhir naskah
Ø Paper Size : Untuk memilih ukuran kertas. Anda bisa menentukan ukuran
kertas sendiri dengan memilih “Costum Size” atau langsung ketik ukuran lebar di
Width dan panjang di Height.
Ø Paper Source
o
First Page : Spesifikasi
atau sumber kertas yang digunakan pada halaman pertama dari seluruh dokumen.
(tergantung dari printer yang terinstal)
o
Other Page : Spesifikasi
atau sumber kertas yang digunakan pada seluruh halaman dalam dokumen selain
halaman pertama. (tergantung dari printer yang terinstal)
e) Layout
1. Section
Ø
Section start : Pilihan
didokumen mana pengaturan pagesetup akan diterapkan
Ø
Suppress
Endnotes
Ø
Section Direction :
Mengatur arah teks mulai kiri-ke kanan atau kanan-kekiri.
2. Header and Footers
Ø
Different Odd and
Even :
o
Membuat header atau
footer yang berbeda antara halaman genap dan halaman ganjil.
Ø
Different First
Page :
o
Membuat header atau
footer yang berbeda pada halaman pertama dari seluruh dokumen.
3. From Edge
Ø
Header : Menentukan
posisi atau jarak header antara tepi atas kertas ke posisi header.
Ø
Footer : Menentukan
posisi atau jarak footer antara tepi bawah kertas ke posisi footer.
4. Page
Ø Vertikal Aligment : Menentukan susunan teks secara vertikal
antara margin atas dan bawah dari halaman. Pengaturan akan berfungsi apabila
halaman penuh.
Ø Apply To : Menerapkan pengaturan yang sudah anda lakukan berlaku untuk
sebagian atau seluruh dokumen.
Ø Line Number : Untuk menambah atau menghapus line number (nomor baris) di
bagian dokumen yang dipilih. Biasanya untuk membuat list numbering
Ø Border : Untuk mengatur atau memberi bingkai pada halaman dalam dokumen.
Ø Default : Untuk mengembalikan pengaturan page setup sesuai dengan
pengaturan aslinya atau standart template pada word.
2.4 Mail Merge
Mail Merge atau surat
masal adalah sebuah fasilitas dari Word untuk mengirimkan kepada beberapa orang
sekaligus dari satu sumber surat. Secara teknis, dibutuhkan dua buah file untuk
mengolahnya, yang pertama adalah isi surat sedangkan yang lainnya adalah data
kepada surat tersebut dikirimkan, kemudian pada proses pengiriman, kedua file
tersebut digabungkan.
Istilah lain dari mail merge :
Mail Merge adalah kemampuan komputer untuk mengirimkan kepada
beberapa orang sekaligus dari satu sumber surat.Secara Teknis, dibutuhkan dua
buah file untuk mengolahnya, yang pertama adalah isi surat sedangkan yang
lainnya adalah data kepada surat tersebut di kirimkan .
Mail Merge adalah Fasilitas dari writter untuk pembuatan surat
secara masal .
Mail Merge adalah Penggabungan dua dokumen menjadi satu dokumen .
Mail Merge adalah merupakan salah satu aplikasi dari microsoft word
untuk membuat surat dalam jumlah besar .
Langkah-langkah
pembuatan mail merge ( surat massal ) pada Microsoft office word diantaranya
sebagai berikut :
1. Buat file-nya ( surat atau sertifikat ).
Misal pada surat, yang akan kita buat mail merge-nya adalah Nomor,
Kepada, Alamat ( atau bagian lain yang diperlukan ).
2. Pilih Mailings – Start Mail Merge – Step by Step Mail Merge Wizard.
Step
1
§
Saat
muncul jendela Mail Merge di sebelah kanan, default yang terpilihnya adalah
Letters.
§
Klik Next:
Starting document
Step 2
§
Di
step 2 ini, default yang muncul adalah Use the current document ( artinya
kita hanya akan mengunakan document yang kita buka untuk proses Mail Merge)
§
Klik
Next: Select recipients
Step 3
§ Asumsikan kita belum memiliki
daftar penerima untuk Mail Merge, maka
§ Pilih Type a new list,
§ Pilih Create
§ Akan muncul jendela baru dimana pada kolomnya tertera “Title”,
“Last Name”, dll. Karna bukan itu yang kita butuhkan, maka kita pilih Costumize
Columns
§ Hapus “Title”, “First Name”, dan semua daftar yang ada satu persatu
§ Jika daftar telah kosong, sekarang kita tambahkan dengan meng-klik
tombol Add
§ Ketik Nomor
§ Klik tombol OK
§
Lakukan
juga penambahan untuk Kepada dan Alamatnya.
§ Kalau sudah, klik tombol OK
§ Pada jendela baru yang muncul (New Address List), silahkan isi data
pada baris pertama
§ Untuk menambahkan data baru, klik saja
tombol New Entry, terus isi lagi datanya.
§ Kalau dirasa daftar namanya sudah
cukup, klik tombol OK
§
Saat
tampil jendela Mail Merge Recipients, pastikan semua nama telah ter-centang (√ )
Step 4
§ Letakkan kursor di bagian
yang akan kita tempatkan Nomor surat
§ Klik menu More Items
§ Pilih Nomor
§ Klik tombol Insert
§ Klik tombol Cancel
§
Ulangi
langkah 1 sampai 5 untuk mengisi Nomor dan Alamat
§
Klik
menu Next: Preview you letters
Step 5
§
Pada
tahap ini kita diperlihatkan hasil dari Mail Merge. Karena
kita telah membuat 2 recipient, maka kita dapat melihatnya dengan meng-klik
tombol panah >> atau <<
Step 6
§
Kita
telah selesai membuat Mail Merge
§
Kalau
mau langsung print bisa mengklik menu Print atau jika ingin meng-edit
individual bisa mengklik menu Edit individual letters.
§
Saat
kita memilih Edit individual letters, maka masing-masing nama akan tampil
di masing-masing halamannya.
§
maka selesai
proses mail merge-nya.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Menu adalah sederetan
perintah atau program yang terdapat dalam microsof office word atau excel. Menu bar adalah sebuah strip horizontal yang berisi daftar menu
yang tersedia untuk program tertentu untuk
membantu memudahkan dalam bekerja dan terorganisir sesuai dengan apa yang diharapkan.Contohnya Menu File,
Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, View dan Add-Ins.
Ikon
adalah gambar-gambar kecil yang tersusun dibawah menu bar yang diikuti dengan
identitasnya. Tujuan ikon ini adalah untuk memudahkan dalam pekerjaan terutama
pengetikan. Banyak sekali ikon-ikon yang terdapat dalam Microsoft office word
dengan tampilan yang menarik.
Adapun fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam
Microsoft office word diantaranya sebagai berikut :
1. Memformat teks.
2. Drop Cap
3. Mengedit / menyunting teks.
4. Memberikan bingkai (border) pada paragraph.
5. Menyisipkan gambar auto shape.
Cara
mengatur tampilan halaman di Microsoft office word yaitu dengan cara sebagai
berikut:
1. Klik menu ribbon View.
2. Selanjutnya pilih salah satu dari grup Document Views dan klik :
Ø
Print Layout : untuk menampilkan halaman atau lembar kerja sesuai dengan tampilan hasil
pencetakan / print.
Ø
Full Screen Reading : untuk menampilkan dokumen dalam tampilan full screen alias selayar penuh
guna memanfaatkan ruang atau luas layar secara maksimal dan sekaligus
mempermudah memberikan komentar
Ø
Web Layout : untuk menampilkan dokumen sebagaimana yang akan ditampilkan dalam bentuk
halaman web / situs.
Ø
Outline view : untuk menampilkan dokumen dalam bentuk outline dan sekaligus menampilkan
tool untuk pembuatan outline
Ø
Draft view: untuk menampilkan dokumen dalambentuk draft untuk memanfaatkan penulisan
teks secara cepat. Pada tampilan ini ada beberapa bagian dokumen seperti header
dan footer yang tidak akan ditampilkan.
Mail Merge atau surat masal adalah sebuah fasilitas dari Word untuk
mengirimkan kepada beberapa orang sekaligus dari satu sumber surat. Secara
teknis, dibutuhkan dua buah file untuk mengolahnya, yang pertama adalah isi
surat sedangkan yang lainnya adalah data kepada surat tersebut dikirimkan,
kemudian pada proses pengiriman, kedua file tersebut digabungkan.
3.2
Saran
Penulis
menyadari bahwa tidak ada yang sempurna didunia ini oleh sebab itu kami terbuka
kepada siapa saja yang ingin menyampaikan saran dan kritiknya kepada saya
selaku penulis untuk memperbaiki tulisan yang saya susun ini.
Dengan
mengucapkan syukur alhamdulillah, penulis telah menyelesaikan makalah ini
walaupun sangat sederhana, mudah-mudahan bermanfaat khususnya bagi penulis dan
umumnya bagi kita semuanya. Amin..
DAFTAR PUSTAKA
Diunduh pada hari Rabu, 12 Maret 2014
Pada Jam 21 : 30 WIB
Pandia, Henry. 2004. Teknologi Informasi dan
Komunikasi.Jakarta : Erlangga.